Increasing Reading Interest among Students in the Library: Innovation Development Strategies at SMA Negeri 8 Banjarmasin Generating Enthusiasm for Reading Among Students Through Library Innovation: Best Strategies to Boost Reading Interest in SMA Negeri 8 Banjarmasin
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca pada peserta didik
dengan melakukan suatu inovasi terhadap perpustakaan di SMA Negeri 8
Banjarmasin. Dengan memanfaatkan pengembangan pengetahuan dan keterampilan
peserta didik serta untuk menumbuhkan minat membaca. Penelitian ini menggunakan
metode studi pustaka. Metode yang digunakan untuk penelitian ini studi literatur yang
dilakukan dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan
studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik memiliki rendahnya
minat baca di perpustakaan dengan melihat daftar atau grafik kunjungan peserta didik
untuk meminjam, membaca dan mengunjungi perpustakaan. Sehingga dibutuhkan
suatu inovasi kepada peserta didik agar dapat meningkatkan minat baca di
perpustakaan. Inovasi yang dilakukan yaitu a) Pemberian reward kepada peserta
didik, reward diadakan sebagai bentuk penghargaan kepada peserta didik yang
meminjam dan membaca buku di perpustakaan, b) Festival baca atau literasi, dengan
mengadakan suatu kegiatan membaca yang dapat meningkatkan literasi peserta didik,
dan c) Kegiatan Jumat baca, peran sekolah yang melaksanakan kegiatan Jumat baca
agar peserta didik diberikan kesempatan untuk membiasakan diri dalam
membudayakan literasi atau membaca buku yang disukai.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Afifah, N. (2017). Problematika Pendidikan di Indonesia (Telaah dari Aspek Pembelajaran). Jurnal Pendidikan, 1(Vol. 1), 41–74.
Ananda, R., & Amiruddin. (2019). Inovasi Pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53). Diambil dari https://drive.google.com/file/d/1b2HdJv4Pf8heIvljXjO13O3vyrI-5NAA/view?usp=share_link
Anisah, N. (2020). Upaya Peningkatan Minat Baca dan Pengetahuan Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri di MTS. Miftahul Huda Jleper Demak Jawa Tengah. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 7(4), 281–288. Diambil dari https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/pedagogy
Arystison, R., Ahyani, N., & Wardiah, D. (2021). Manajemen Inovasi Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Guru dan Siswa. Jurnal Education, 7(3), 615–624. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1185
Baro’ah, S. (2020). Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1063–1073.
Garnika, E., Rohiyatun, B., & Najwa, L. (2021). Implementasi Analisis SWOT dalam Perencanaan Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 4(2), 162–169. https://doi.org/10.31539/alignment.v4i2.3031
Habib, A. S., & Rohmiyati, Y. (2019). Pengaruh pemberian reward terhadap pemanfaatan koleksi di Perpustakaan SMA Islam Hidayatullah Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 8(3), 168–179. Diambil dari
https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/26842
Harahap, H. S., Rahmadhani, B., Wardhani, A. D., Hawary, M. G., & Rukmana, A. A. (2020). Inovasi Pelayanan Perpustakaan Keliling Sebagai Media Revolusi Mental di Jawa Barat. Ministrate: Jurnal Birokrasi dan Pemerintahan Daerah, 2(2), 63–74. https://doi.org/10.15575/jbpd.v2i2.9384
Intaniasari, Y., & Utami, R. D. (2022). Menumbuhkan Budaya Membaca Siswa Melalui Literasi Digital dalam Pembelajaran dan Program Literasi Sekolah. Jurnal Basicedu, 6(3), 4987–4998. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2996
Jariah, S., & Marjani. (2019). Peran Guru dalam Gerakan Literasi Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 846–856. Diambil dari https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2643
Khairi, A., Lubis, F., Ginting, M. M., & Ningsih, N. (2020). Analisis Gerakan Literasi Setiap Jumat di SMP Negeri 1 Labuhan Deli. Prosiding Seminar Nasional PBSI-III, 317–326.
Manuaba, I. B. A. L. (2019). Pemupukan Budaya Literasi, Toleransi, dan Budi Pekerti - Google Books. Bandung: NILACHAKRA.
Markhamah, M., Prayitno, H., Suyatmini, S., & Triyanto, T. (2019). Improving School Literacy Through Reading Friday Program. EAI Publishing: Makassar. https://doi.org/10.4108/eai.7-8-2019.2288423
Nurhayati, S., Anggidesialamia, H., Suryadi, D., & Fasa, M. I. (2020). Reading Review Program as an Innovative Effort to Increase Community’s Reading Interest. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, (December), 184–190. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201201.032
Saputra, D. N., Ariningsih, K. A., Wau, M. P., Noviyani, R., Awe, E. Y., & Firdausiyah, L. (2021). Pengantar Pendidikan. CV. Pustaka Learning Center. Malang.
Sara, Y. (2021). Kreativitas, Inovasi, dan Keunikan sebagai Daya Tarik Perpustakaan - Google Books. Magelang: Pustaka Rumah Cinta.
Tamawiwy, J. M., Boham, A., & Golung, M. (2018). Peran Pustakawan Dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Bagi Pemustaka Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah Provinsi Sulawesi Utara. Journal Universitas Sam Ratulangi, 1, 1–12.