PELATIHAN KOMPETENSI GURU DALAM PEMAHAMAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMK Membangun Keterampilan Guru: Pelatihan Kompetensi dalam Memahami Anak Berkebutuhan Khusus di SMK
Main Article Content
Abstract
Setiap guru harus memiliki kompetensi yang baik untuk memudahkan dalam
memahami kebutuhan setiap anak salah satunya adalah anak berkebutuhan khusus.
Kompetensi yang harus dimiliki adalah kompetensi pedagogik. Penelitian ini
menggunakan metode studi literatur. Kompetensi yang harus dimiliki yaitu
pengetahuan, pemahaman, kemampuan, nilai, sikap dan minat.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Aminah, Siti; Rahman, Fathur; Nurmalasari, Y. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru
Bimbingan dan Konseling Dalam Pendampingan Siswa Berkebutuhan Khusus.
QUANTA, 5(3).
Budiyanto. (2017). Pengantar Pendidikan Inklusif Berbasis Budaya Lokal. Prenamedia
Group.
Desiningrum, D. R. (2016). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Psikosain.
Ediyanto, Sunandar, A., Hastuti, W., & Ningsih, P. K. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru
Sekolah Inklusi Melalui Pendampingan Terstruktur (Perencanaan, Tindakan &
Pengamatan, dan Refleksi). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1).
Irdamurni. (2019). Pendidikan Inklusif Solusi Dalam Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus.
Kencana.
Khairiyah, K. Y., Lestari, T., Dianasari, E. L., & Wisma, N. (2019). Pelatihan Kompetensi
Guru Sekolah Inklusif Dalam Pemahaman Anak Berkebutuhan Khusus di Kabupaten
Karimun. Jurnal Pendidikan MINDA, 1(1).
Khobir, K., Yusuf, M., & Alhusaini, A. (2019). Keterampilan Guru Dalam Mengelola Kelas
Untuk Anak Berkebutuhan Kelas. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi
Pendidikan, 4(2).
Martika, T., Salim, A., & Yusuf, M. (2020). Analisis Kompetensi Pedagogi Ke-PLB-an Guru
Berdasarkan Intensitas Keikutsertaan Pelatihan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus
di Sekolah Inklusi. Journal of Special Education, 3(2).
Musfira, R. S., Karlina, N., & Susanti, E. (2022). Pengaruh Pelatihan Kompetensi Tenaga
Pendidik Pendidikan Inklusif Terhadap Kinerja Guru Dalam Menyelenggarakan
Pendidikan Inklusif di SMPN 30 Bandung. Jurnal Administrasi Negara, 13(2).
Ramadhan, M. R., & Rahmandani, A. (2020). Pengalaman Menjadi Guru Laki-laki Anak
Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif. Jurnal Empati, 9(6).
Setianingsih, E. S. (2018). Penerimaan dan Sikap Guru Terhadap Keberadaan ABK di
Sekolah. Empati-Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1).
Wardah, E. Y. (2019). Peranan Guru Pembimbing Khusus Lulusan Non-Pendidikan Luar
Biasa (PLB) Terhadap Pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi
Kabupaten Lumajang. 2(2).
Wulandari, R. S., & Hendriani, W. (2021). Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Inklusi di
Indonesia (Suatu Pendekatan Systematic Review). Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian
Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1).
Aminah, Siti; Rahman, Fathur; Nurmalasari, Y. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru
Bimbingan dan Konseling Dalam Pendampingan Siswa Berkebutuhan Khusus.
QUANTA, 5(3).
Budiyanto. (2017). Pengantar Pendidikan Inklusif Berbasis Budaya Lokal. Prenamedia
Group.
Desiningrum, D. R. (2016). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Psikosain.
Ediyanto, Sunandar, A., Hastuti, W., & Ningsih, P. K. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru
Sekolah Inklusi Melalui Pendampingan Terstruktur (Perencanaan, Tindakan &
Pengamatan, dan Refleksi). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1).
Irdamurni. (2019). Pendidikan Inklusif Solusi Dalam Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus.
Kencana.
Khairiyah, K. Y., Lestari, T., Dianasari, E. L., & Wisma, N. (2019). Pelatihan Kompetensi
Guru Sekolah Inklusif Dalam Pemahaman Anak Berkebutuhan Khusus di Kabupaten
Karimun. Jurnal Pendidikan MINDA, 1(1).
Khobir, K., Yusuf, M., & Alhusaini, A. (2019). Keterampilan Guru Dalam Mengelola Kelas
Untuk Anak Berkebutuhan Kelas. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi
Pendidikan, 4(2).
Martika, T., Salim, A., & Yusuf, M. (2020). Analisis Kompetensi Pedagogi Ke-PLB-an Guru
Berdasarkan Intensitas Keikutsertaan Pelatihan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus
di Sekolah Inklusi. Journal of Special Education, 3(2).
Musfira, R. S., Karlina, N., & Susanti, E. (2022). Pengaruh Pelatihan Kompetensi Tenaga
Pendidik Pendidikan Inklusif Terhadap Kinerja Guru Dalam Menyelenggarakan
Pendidikan Inklusif di SMPN 30 Bandung. Jurnal Administrasi Negara, 13(2).
Ramadhan, M. R., & Rahmandani, A. (2020). Pengalaman Menjadi Guru Laki-laki Anak
Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif. Jurnal Empati, 9(6).
Setianingsih, E. S. (2018). Penerimaan dan Sikap Guru Terhadap Keberadaan ABK di
Sekolah. Empati-Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1).
Wardah, E. Y. (2019). Peranan Guru Pembimbing Khusus Lulusan Non-Pendidikan Luar
Biasa (PLB) Terhadap Pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi
Kabupaten Lumajang. 2(2).
Wulandari, R. S., & Hendriani, W. (2021). Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Inklusi di
Indonesia (Suatu Pendekatan Systematic Review). Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian
Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1).