PELATIHAN KOMPETENSI GURU DALAM PEMAHAMAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMK Membangun Keterampilan Guru: Pelatihan Kompetensi dalam Memahami Anak Berkebutuhan Khusus di SMK

Main Article Content

Aisyah Rayhan Faradina
Ayuwinda

Abstract

Setiap guru harus memiliki kompetensi yang baik untuk memudahkan dalam
memahami kebutuhan setiap anak salah satunya adalah anak berkebutuhan khusus.
Kompetensi yang harus dimiliki adalah kompetensi pedagogik. Penelitian ini
menggunakan metode studi literatur. Kompetensi yang harus dimiliki yaitu
pengetahuan, pemahaman, kemampuan, nilai, sikap dan minat.

Article Details

How to Cite
Faradina , A. R. ., & Ayuwinda. (2023). PELATIHAN KOMPETENSI GURU DALAM PEMAHAMAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMK: Membangun Keterampilan Guru: Pelatihan Kompetensi dalam Memahami Anak Berkebutuhan Khusus di SMK. ITSME : Jurnal Inovasi Teknologi Sains Humaniora Dan Edukasi, 1(1), 64–76. Retrieved from https://itsme.surya-academy.or.id/index.php/itsme/article/view/25 (Original work published May 11, 2023)
Section
Articles
Author Biographies

Aisyah Rayhan Faradina , Universitas Lambung Mangkurat

-

Ayuwinda , Universitas Lambung Mangkurat

-

References

Aminah, Siti; Rahman, Fathur; Nurmalasari, Y. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru

Bimbingan dan Konseling Dalam Pendampingan Siswa Berkebutuhan Khusus.

QUANTA, 5(3).

Budiyanto. (2017). Pengantar Pendidikan Inklusif Berbasis Budaya Lokal. Prenamedia

Group.

Desiningrum, D. R. (2016). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Psikosain.

Ediyanto, Sunandar, A., Hastuti, W., & Ningsih, P. K. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru

Sekolah Inklusi Melalui Pendampingan Terstruktur (Perencanaan, Tindakan &

Pengamatan, dan Refleksi). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1).

Irdamurni. (2019). Pendidikan Inklusif Solusi Dalam Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus.

Kencana.

Khairiyah, K. Y., Lestari, T., Dianasari, E. L., & Wisma, N. (2019). Pelatihan Kompetensi

Guru Sekolah Inklusif Dalam Pemahaman Anak Berkebutuhan Khusus di Kabupaten

Karimun. Jurnal Pendidikan MINDA, 1(1).

Khobir, K., Yusuf, M., & Alhusaini, A. (2019). Keterampilan Guru Dalam Mengelola Kelas

Untuk Anak Berkebutuhan Kelas. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi

Pendidikan, 4(2).

Martika, T., Salim, A., & Yusuf, M. (2020). Analisis Kompetensi Pedagogi Ke-PLB-an Guru

Berdasarkan Intensitas Keikutsertaan Pelatihan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus

di Sekolah Inklusi. Journal of Special Education, 3(2).

Musfira, R. S., Karlina, N., & Susanti, E. (2022). Pengaruh Pelatihan Kompetensi Tenaga

Pendidik Pendidikan Inklusif Terhadap Kinerja Guru Dalam Menyelenggarakan

Pendidikan Inklusif di SMPN 30 Bandung. Jurnal Administrasi Negara, 13(2).

Ramadhan, M. R., & Rahmandani, A. (2020). Pengalaman Menjadi Guru Laki-laki Anak

Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif. Jurnal Empati, 9(6).

Setianingsih, E. S. (2018). Penerimaan dan Sikap Guru Terhadap Keberadaan ABK di

Sekolah. Empati-Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1).

Wardah, E. Y. (2019). Peranan Guru Pembimbing Khusus Lulusan Non-Pendidikan Luar

Biasa (PLB) Terhadap Pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi

Kabupaten Lumajang. 2(2).

Wulandari, R. S., & Hendriani, W. (2021). Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Inklusi di

Indonesia (Suatu Pendekatan Systematic Review). Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian

Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1).

Aminah, Siti; Rahman, Fathur; Nurmalasari, Y. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru

Bimbingan dan Konseling Dalam Pendampingan Siswa Berkebutuhan Khusus.

QUANTA, 5(3).

Budiyanto. (2017). Pengantar Pendidikan Inklusif Berbasis Budaya Lokal. Prenamedia

Group.

Desiningrum, D. R. (2016). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Psikosain.

Ediyanto, Sunandar, A., Hastuti, W., & Ningsih, P. K. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru

Sekolah Inklusi Melalui Pendampingan Terstruktur (Perencanaan, Tindakan &

Pengamatan, dan Refleksi). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1).

Irdamurni. (2019). Pendidikan Inklusif Solusi Dalam Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus.

Kencana.

Khairiyah, K. Y., Lestari, T., Dianasari, E. L., & Wisma, N. (2019). Pelatihan Kompetensi

Guru Sekolah Inklusif Dalam Pemahaman Anak Berkebutuhan Khusus di Kabupaten

Karimun. Jurnal Pendidikan MINDA, 1(1).

Khobir, K., Yusuf, M., & Alhusaini, A. (2019). Keterampilan Guru Dalam Mengelola Kelas

Untuk Anak Berkebutuhan Kelas. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi

Pendidikan, 4(2).

Martika, T., Salim, A., & Yusuf, M. (2020). Analisis Kompetensi Pedagogi Ke-PLB-an Guru

Berdasarkan Intensitas Keikutsertaan Pelatihan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus

di Sekolah Inklusi. Journal of Special Education, 3(2).

Musfira, R. S., Karlina, N., & Susanti, E. (2022). Pengaruh Pelatihan Kompetensi Tenaga

Pendidik Pendidikan Inklusif Terhadap Kinerja Guru Dalam Menyelenggarakan

Pendidikan Inklusif di SMPN 30 Bandung. Jurnal Administrasi Negara, 13(2).

Ramadhan, M. R., & Rahmandani, A. (2020). Pengalaman Menjadi Guru Laki-laki Anak

Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif. Jurnal Empati, 9(6).

Setianingsih, E. S. (2018). Penerimaan dan Sikap Guru Terhadap Keberadaan ABK di

Sekolah. Empati-Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1).

Wardah, E. Y. (2019). Peranan Guru Pembimbing Khusus Lulusan Non-Pendidikan Luar

Biasa (PLB) Terhadap Pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi

Kabupaten Lumajang. 2(2).

Wulandari, R. S., & Hendriani, W. (2021). Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Inklusi di

Indonesia (Suatu Pendekatan Systematic Review). Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian

Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1).