PENGEMBANGAN PROGRAM LITERASI MEMBACA DAN BERKARYA Inovasi Program Literasi untuk Mengoptimalkan Pembelajaran Membaca dan Berkarya
Main Article Content
Abstract
Inovasi pendidikan adalah inovasi untuk memecahkan masalah dalam pendidikan.
Inovasi pendidikan mencakup hal-hal yang berhubungan dengan komponen sistem
pendidikan, baik dalam arti sempit, yaitu tingkat lembaga pendidikan, maupun arti luas, yaitu
sistem pendidikan nasional. Program inovasi membaca dan berkarya merupakan sebuah
inovasi yang berada pada tingkat lembaga pendidikan dan sudah tercakup dalam program
gerakan literasi sekolah (GLS). Program ini bertujuan untuk menggerakan seluruh masyarakat
sekolah khususnya peserta didik dalam melakukan kebiasaan membaca di era yang tengah
ancaman teknologi yang semakin canggih dan membuat sebagian orang menjadi pemalas.
Tujuan lainnya ialah untuk mengembangkan bakat dan potensi seluruh peserta didik melalui
program berkarya dengan memberikan wadah, fasilitas, dan apresiasi.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Antoro, B., Boeriswati, E., & Leiliyanti, E. (2021). HUBUNGAN ANTARA KEGIATAN
LITERASI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 107
JAKARTA. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 145–157.
https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i2.2394
Aswita D, dkk. (2022). Pendidikan Literasi: Memenuhi Kecakapan Abad 21. Yogyakarta:
KMedia.
Asy'ari, A. A. (2019). Analisis Desain Perpustakaan Sekolah Pada Tingkat Budaya Literasi
Siswa SMP Muhammadiyah 10 Surabaya. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada
Masyarakat, 2(2), 170-180.
Ati, A. P., & Widiyarto, S. (2020). Literasi bahasa dalam meningkatkan minat baca dan
menulis pada siswa smp kota bekasi. Basastra, 9(1), 105-113.
Bawa, D. N. (2019). Kepemimpinan Kolaboratif Dengan Strategi SIMPATI Upaya
Menggerakkan Budaya Literasi di SMP Negeri 1 Gianyar. Widyadari, 21(26), 1-10.
Desfita, V. (2020). MEMBANGUN BUDAYA LITERASI SISWA DI SMP NEGERI 1
STABAT. In Prosiding Seminar Nasional Ahlimedia (Vol. 1, No. 1, pp. 26-31).
Fernanda, F. F. H., Rahmawati, L. E., Putri, I. O., & Nur’aini, R. (2020). Penerapan literasi
digital di smp negeri 20 surakarta. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 2(2), 141-148.
Lolytasari, dkk. (2021). Budaya Literasi di Era Covid-19. Aceh: Syiah Kuala University Press
Nandasari, S. P. (2017). IMPLEMENTASI LITERASI MEDIA DALAM MENGEMBANGKAN
MINAT BACA SISWA DI SMP NEGERI 1 KEDIRI (Vol. 5)
Rachman, B. A. R., Firyalita Sarah Fidaus, Nurul Lailatul Mufidah, Halimatus Sadiyah, & Ifit
Novita Sari. (2021). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik
Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 2. Dinamisia : Jurnal Pengabdian
Kepada Masyarakat, 5(6), 1535–1541. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i6.8589
Tri Yunianika, I. (2021). Journal for Lesson and Learning Studies Eksplorasi Respon Siswa
terhadap Buku Cerita dalam Gerakan Literasi Sekolah. 4(3), 289–295.