PENGEMBANGAN PROGRAM LITERASI MEMBACA DAN BERKARYA Inovasi Program Literasi untuk Mengoptimalkan Pembelajaran Membaca dan Berkarya

Main Article Content

Muhammad Irsyad Musyaffa
Norhidayanti

Abstract

Inovasi pendidikan adalah inovasi untuk memecahkan masalah dalam pendidikan.
Inovasi pendidikan mencakup hal-hal yang berhubungan dengan komponen sistem
pendidikan, baik dalam arti sempit, yaitu tingkat lembaga pendidikan, maupun arti luas, yaitu
sistem pendidikan nasional. Program inovasi membaca dan berkarya merupakan sebuah
inovasi yang berada pada tingkat lembaga pendidikan dan sudah tercakup dalam program
gerakan literasi sekolah (GLS). Program ini bertujuan untuk menggerakan seluruh masyarakat
sekolah khususnya peserta didik dalam melakukan kebiasaan membaca di era yang tengah
ancaman teknologi yang semakin canggih dan membuat sebagian orang menjadi pemalas.
Tujuan lainnya ialah untuk mengembangkan bakat dan potensi seluruh peserta didik melalui
program berkarya dengan memberikan wadah, fasilitas, dan apresiasi.

Article Details

How to Cite
Musyaffa, M. I. ., & Norhidayanti. (2023). PENGEMBANGAN PROGRAM LITERASI MEMBACA DAN BERKARYA : Inovasi Program Literasi untuk Mengoptimalkan Pembelajaran Membaca dan Berkarya. ITSME : Jurnal Inovasi Teknologi Sains Humaniora Dan Edukasi, 1(1), 19–27. Retrieved from https://itsme.surya-academy.or.id/index.php/itsme/article/view/27
Section
Articles

References

Antoro, B., Boeriswati, E., & Leiliyanti, E. (2021). HUBUNGAN ANTARA KEGIATAN

LITERASI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 107

JAKARTA. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 145–157.

https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i2.2394

Aswita D, dkk. (2022). Pendidikan Literasi: Memenuhi Kecakapan Abad 21. Yogyakarta:

KMedia.

Asy'ari, A. A. (2019). Analisis Desain Perpustakaan Sekolah Pada Tingkat Budaya Literasi

Siswa SMP Muhammadiyah 10 Surabaya. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada

Masyarakat, 2(2), 170-180.

Ati, A. P., & Widiyarto, S. (2020). Literasi bahasa dalam meningkatkan minat baca dan

menulis pada siswa smp kota bekasi. Basastra, 9(1), 105-113.

Bawa, D. N. (2019). Kepemimpinan Kolaboratif Dengan Strategi SIMPATI Upaya

Menggerakkan Budaya Literasi di SMP Negeri 1 Gianyar. Widyadari, 21(26), 1-10.

Desfita, V. (2020). MEMBANGUN BUDAYA LITERASI SISWA DI SMP NEGERI 1

STABAT. In Prosiding Seminar Nasional Ahlimedia (Vol. 1, No. 1, pp. 26-31).

Fernanda, F. F. H., Rahmawati, L. E., Putri, I. O., & Nur’aini, R. (2020). Penerapan literasi

digital di smp negeri 20 surakarta. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 2(2), 141-148.

Lolytasari, dkk. (2021). Budaya Literasi di Era Covid-19. Aceh: Syiah Kuala University Press

Nandasari, S. P. (2017). IMPLEMENTASI LITERASI MEDIA DALAM MENGEMBANGKAN

MINAT BACA SISWA DI SMP NEGERI 1 KEDIRI (Vol. 5)

Rachman, B. A. R., Firyalita Sarah Fidaus, Nurul Lailatul Mufidah, Halimatus Sadiyah, & Ifit

Novita Sari. (2021). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik

Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 2. Dinamisia : Jurnal Pengabdian

Kepada Masyarakat, 5(6), 1535–1541. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i6.8589

Tri Yunianika, I. (2021). Journal for Lesson and Learning Studies Eksplorasi Respon Siswa

terhadap Buku Cerita dalam Gerakan Literasi Sekolah. 4(3), 289–295.

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS