INOVASI GURU BK DALAM MENINGKATKAN SIKAP KEDISIPLINAN SISWA MELALUI METODE REWARD & PUNISHMENT DI SMP 10 BANJARMASIN Mengoptimalkan Peran Guru BK dalam Meningkatkan Sikap Kedisiplinan Siswa melalui Metode Reward & Punishment di SMP 10 Banjarmasin

Main Article Content

Siti Nurbidasari Aliyah
Rysfa Safitri

Abstract

Pendidikan menjadi salah satu peran penting dalam perkembangan dan persiapan manusia sebagai penerus suatu bangsa dan Negara. Namun, dalam perjalanan perwujudannya masih banyak hal yang perlu dilakukan dan diperbaiki. Hal tersebut pada akhirnya juga menjadi PR dari berbagai satuan pendidikan di Indonesia agar dapat mencapai apa yang diharapkan sesuai apa yang ingin dicapai yang sesuai dengan cita-cita bangsa dan negara. Berbicara tentang satuan pendidikan tidak terkecuali pada jenjang SMP karena pada tahap perkembangannya para siswa sudah memasuki pada tahap dunia remaja awal. Sesuai dengan pendapat Jean Piaget bahwa pada masa SMP siswa memasuki tahap operasional formal yang sudah bisa berfikir secara abstrak namun perlu dicatat dan diingat bahwa masih ada beberapa sifat yang masih perlu harus dibimbing dan diperbaiki lagi oleh para siswa pada satuan pendidikan ini. Terutama dalam hal kedisiplinan siswa. Segala macam bentuk permasalahan tersebut juga merupakan tanggung jawab dari semua lingkungan seperti lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Untuk menjawab hal tersebut penulis akhirnya mengkaji dan membuat jurnal ilmiah untuk menjadi salah satu bahan acuan ataupun sumber bacaan. pada penelitian ini Penulis menggunakan Metodr Kulitatif dan Drskriptif untuk menulis jurnal ini. Pada
jenjang SMP ini, penulis akan mengangkat salah satu permasalahan peserta didik tentang aspek kedisiplinan. Pada pelaksanaan dan penerapannya salah satu hal yang dilakukan kepada siswa adalah akan adanya nanti pemberian reward dan punishment. Hal ini dilakukan bukan sebagai bahan menghukum namu menjadi salah satu bahan untuk belajar dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi kedepannya.baik reward ataupun punishment yang dilakukan diharapkan menjadi saah satu bentuk evaluasi para siswa khususnya yang dilakukan pada saat akhir semester ganjil ataupun genap.

Article Details

How to Cite
Aliyah , S. N. ., & Safitri, R. (2023). INOVASI GURU BK DALAM MENINGKATKAN SIKAP KEDISIPLINAN SISWA MELALUI METODE REWARD & PUNISHMENT DI SMP 10 BANJARMASIN: Mengoptimalkan Peran Guru BK dalam Meningkatkan Sikap Kedisiplinan Siswa melalui Metode Reward & Punishment di SMP 10 Banjarmasin. ITSME : Jurnal Inovasi Teknologi Sains Humaniora Dan Edukasi, 1(1), 28–36. Retrieved from https://itsme.surya-academy.or.id/index.php/itsme/article/view/29
Section
Articles

References

Agustin & Supriyanto. (2020). Permasalahan Pendidikan Di Indonesia. Seminar Nasional.

Aljaatsiyah, A., Syaikhu, A., & Rahmad, I. N. (2021). Meningkatkan Kedisiplinan Siswa MelaluiMetode Reward dan Punishment dalam Pembelajaran Daring. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III (pp. 30-35).

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak.

Ardiana, D. P., dkk. (2021). Metodologi Penelitian Bidang Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.

Damayanti, N. C., & Hasanambella, M. (2021). Peran Guru BK dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Usaha Pemberian Layanan Yang Optimal Guru BK Pada Masa Pandemi Covid-19 (Antologi Esai

Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling), 106.

Priscilla. (2019). Permasalahan Pendidikan di Indonesia. Jurnal Fakultas Ekonomi UNJ, 1–8.

Rofiq, M. H. (2017). Kedisiplinan Siswa Melalui Hukuman Perspektif Stakeholder Pendidikan. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 71–83. https://doi.org/10.31538/nidhomulhaq.v2i2.29

Salim, H., & Haidir. (2019). Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis. Jakarta: Kencana.